27

Aug
2020

Kran Air Otomatis Buatan Dosen ATI

Posted By : admin/ 43 0

Dosen Teknik Elektronika, Akademi Teknologi Industri Dewantara merancang kerang air otomatis. Bahan yang digunakan dari Dispenser Pompa Air yang dimodifikasi sehingga pada saat tangan berada di bawah keran, air akan secara
otomatis keluar dengan bantuan alat pendeteksi berupa sensor. Rahmat Siswanto, S.ST, MT, yang menciptakan keran otomatis tersebut mengatakan dalam proses perakitan waktu yang dibutuhkan hanya beberapa jam sudah dapat diselesaikan. Sementara alat dan bahan yang dibutuhkan hanya beberapa komponen dan harga yang terbilang sangat murah. Saya merancangnya menggunakan sensor proxy mity infraret transistor, dan pomp air galon. Harganya murah dibawah 50 ribu rupiah,” kata Rahmat, yang merupakan lulusan Magister Program Teknik Eletktronika, ITB.

Cara kerja dari keran otomatis ini pertama dari Sensor prox mity menggunakan infraret untuk menyebarkan sinyal, lalu Otodioda ini yang terpantul dari benda yang dihadapannya, setelah itu ke transistor (otomatif siwits) untuk mengaktifkan motor. Menurutnya, kran otomatis ini ia ciptakan karena mengingat saat ini masih ditengah pandemi Covid-19, dia melihat keran air yang digunakan banyak orang selama ini menurutnya tidak efesien karena masih disentuh langsung atau masih secara manual.

Leave your comment

Please enter comment.
Please enter your name.
Please enter your email address.
Please enter a valid email address.