Kunjungan Kerjasama ATI Dewantara Ke IPB, Binus, dan Gunadarma

Posted By : Official AtiDewantara/ 219

Bogor, ATIDP – Direktur Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo, Dr Suaedi bersama rombongan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX berkunjung ke daerah Jawa Barat dalam rangka rangka MoU dengan tiga perguruan tinggi besar di Indonesia. Kunjungan ini bertujuan meningkatkan mutu penyelenggaran kampus dan juga mutu alumni.

Direktur ATIDP mengunjungi Kampus Binus Alam Sutra Tangerang pada 10/08/2022 dan menandatangani MoU dengan Rektor Binus University (Universitas Bina Nusantara), Prof. Harjanto Prabowo.

Hari ini (11/08/2022), kunjungan ke Auditorium Andi Hakim Nasution IPB University, Kampus Dramaga Bogor, dalam rangka penandatanganan MoU dengan Rektor IPB University, Prof Arif Satria.

Selanjutnya di Kampus E Universitas Gunadarma, Depok, juga dilakukan pendatanganan kerjasama dengan Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Margiyanti.

Kemendikbudristek Umumkan Dosen ATI Dewantara Lolos Serdos Tahun 2022

Posted By : Official AtiDewantara/ 214

Palopo, ATIDP – Serdos atau sertifikat pendidik untuk dosen adalah bukti formal pengakuan negara terhadap dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi. Beberapa tahapan yang panjang harus dilalui dosen sebelum akhirnya dinyatakan lolos sertifikasi.

Tahapan tersebut diawali dengan penetapan bakal calon peserta serdos hingga penyusunan PDD-UKTPT (Pernyataan Diri Dosen untuk Unjuk Kerja Tri Dharma Perguruan Tinggi). Unjuk kerja ini dibuat dalam bentuk video untuk unsur pengajaran dan dalam bentuk narasi tertulis untuk unjuk kerja unsur penelitian dan pengabdian masyarakat.

Seluruh tahapan tersebut telah dilewati oleh dosen Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo, Ir. Irhamni Nuhardin, S.T., M.T., IPP sejak Juni 2022 ini, yang kemudian diumukan hasilnya hari ini (11/08) oleh Kemendikbudristek melalui aplikasi SISTER perguruan tinggi masing-masing.

Dengan lulusnya sertifikasi dosen, berarti yang bersangkutan telah diakui sebagai tenaga pendidik yang profesional dan memiliki tanggung jawab secara moral yang harus diimplementasikan dalam proses belajar mengajar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai bidang ilmunya.

Ikuti Upskilling dan Reskilling Dosen Vokasi, Kali ini Dua Dosen ATI Dewantara Ke Malang

Posted By : Official AtiDewantara/ 277

Malang, ATIDP – Setelah bulan lalu dosen prodi Mesin Otomotif berangkat ke Malang, kali ini giliran dosen dari prodi Teknik Sipil dan Teknik Elektronika yang menjalani diklat di Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) Malang, Jawa Tumur.

Dewi Astuti Baco, S.T., M.T., dari prodi teknik sipil akan belajar tentang pemetaan situasi topografi, dan Rahmad Hidayat Dongka, S.Pd., M.Pd., dari prodi teknik elektronika akan belajar proyek pembuatan teaching aid internet of things (IoT).

Keduanya akan berada di BBPPMPV BOE Malang selama dua pekan, kemudian dilanjutkan dengan magang di industri mitra selama sepekan.

Presentasikan Hasil Magang Selama 3 Semester, Mahasiswa Ungkap Kesiapan Mental dan Skill Hadapi Dunia Kerja

Posted By : Official AtiDewantara/ 225

Palopo, ATIDP – Melengkapi persyaratan akademik terakhir sebelum kelulusan, mahasiswa ATI Dewantara Palopo presentasikan hasil magang selama 3 semester. Presentasi ini dilakukan di hadapan dosen pembimbing dan dosen pendamping dari industri. Pada presentasi ini salah satu mahasiswa dari program studi teknik elektronika, Ilham, menyampaikan bahwa mata kuliah yang dipelajari di kampus sangat berguna di lokasi magang.

“Mata kuliah transmisi dan distribusi itu sangat berguna ilmunya di lokasi magang. Selain itu, ilmu teknis juga sangat banyak diperoleh dari pengalaman melaksanakan pekerjaan. Materi kuliah pembuatan surat juga sangant berguna.” ujarnya. “Kemampuan penting juga yang dipelajari yaitu bisa berpikir bagaimana dampak untuk setiap keputusan, dan harus bisa mencari solusi terbaik untuk setiap masalah dengan cepat.”

Mahasiswa lain juga ungkap keterampilan teknik dan mental yang diperoleh selama melaksanakan magang selama 3 semester.

“Sebelum pergi magang, saya sering grogi. Di tempat magang justru harus bertemu dan komunikasi dengan banyak orang. Jadi, sekarang sudah terbiasa bicara di depan umum.” ungkap Epi, mahasiswa program studi teknik elektronika.

Pertama Kali Gelar Yudisium, ATI Dewantara Palopo Kukuhkan Mahasiswa 100% Sudah Bekerja Sebelum Lulus

Posted By : Official AtiDewantara/ 290

Palopo, ATIDP – Senin, 1 Agustus 2022, menjadi momen bersejarah bagi mahasiswa angkatan 2019 Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo. Setelah menyelesaikan studi selama 3 semester di kampus dan 3 semester magang di industri, lima mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik menjalani prosesi yudisium di kampus ATI Dewantara Palopo. Mahasiswa yang dikukuhkan sebagai lulusan ini berasal dari program studi teknik elektronika dan program studi mesin otomotif.

Yudisium ini dihadiri direktur, para wakil direktur, para ketua program studi, ketua LPPM, dan ketua LPM.

“Saya Direktur Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo mengukuhkan Saudara-saudara sebagai lulusan Akademi Teknologi Industri Dewantara Palopo dengan gelar Ahli Madya Teknik beserta segala hak dan tanggung jawab yang melekat pada gelar tersebut,” ucap Dr. Suaedi saat meyudisium diikuti ucapan syukur dari seluruh mahasiswa yang lulus.

Sebelum diyudisium, kelima mahasiswa telah mempresentasikan hasil magang mereka selama 3 semester di hadapan dosen pembimbing dan dosen pendamping lapangan.